SEMINAR INTERNASIONAL UWP 2016

Diposting pada: 2016-11-24, oleh : admin, Kategori: Tanpa Kategori

Kewirausahaan telah memperoleh banyak perhatian selama beberapa tahun terakhir. ide-ide baru yang inovatif, serta output penelitian yang sekarang banyak yang diimplementasikan dan menghasilkan produk dan jasa yang riil, memiliki dampak positif pada peningkatan tingkat ekonomi dan social masyarakat Namun demikian, masih banyak hal yang harus dilakukan dalam membangun dan mengembangkan jiwa kewirausahaan di lingkungan yang makin kompetitif.  Pada era digital saat ini, upaya menumbuhkan semangat kewirausahaan menjadi relatif lebih mudah dan lebih cepat. Tapi ada juga dampak negatif dari perkembangan digitalisasi di tengah masyarakat yang masih serba setengah-setengah. Setengah yang dimaksud disini adalah belum optimalnya pemahaman dan ketrampilan dalam pemanfaatan perkembangan teknologi informasi. Perkembangan Teknologi informasi selain memberikan kemudahan dalam berbagai pekerjaan yang memerlukan komunikasi secara massive, disisi lain juga cenderung menghasilkan budaya instan dan menghindari kerja keras dan ketekunan. Kemajuan teknologi digital juga cenderung melemahkan kehidupan sosial karena mereka merasa tidak memerlukan bantuan orang lain lagi, cukup hanya dengan teknologi sebagai solusinya.

Bagaimana kita bisa memanfaatkan keuntungan dan meminimalkan dampak negatif dari era digital ini merupakan pertanyaan yang seharusnya dicarikan jawabannya. Bagaimana kemajuan perkembangan digitalisasi society, khususnya di Indonesia, dapat digunakan secara lebih poduktif dan bijaksana? Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dengan memanfaatkan era digital ini adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan baik untuk meningkatkan produktivitas maupun daya saing bangsa kedepan. Merespon terhadap berbagai tuntutan kebutuhan dalam menumbuh kembangkan semangat entrepeneurship masyarakat khususnya generasi muda, Universitas Wijaya Putra menyelenggarakan seminar internasional dengan Tema “Enhanching Entrepreneurship Society In Digital Era”.

Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk membahas berbagai isu terkait dengan upaya pengembangan jiwa kewirausahaan dengan memanfaatkan keuntungan dari kemajuan teknologi digital. Manfaat dari seminar ini adalah sebagai sarana untuk akademisi dan praktisi dalam mengeksplorasi, mengembangkan, dan menerapkan "model dan strategi" membangun masyarakat kewirausahaan dan memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat, sehingga dapat memberikan masukan untuk program social re-engineering dalam rangka mewujudkan generasi kewirausahaan yang tangguh di masa depan. 

Hadir sebagai keynote speaker yaitu:

  1. Prof. Dr. Majima Kyoko (Aichi University of Education, Japan)
  2. Prof. Dr. Tsuchiya Takeshi (Aichi University of Education, Japan)
  3. Prof. Dr. Moch. Noor Mansor (University Kebangsaan Malaysia)
  4. Prof. Ranber Singh Malik, M.A.,M.Pd.,M.Phil (Edith Cowan University, Pert Australia)
  5. Dra. Arjunani, MM. (Universitas Wijaya Putra)

Dari berbagai narasumber tersebut banyak hal yang dapat ditauladani khususnya bagaimana pendidikan di Jepang yang hingga saat ini (di era digitalisasi yang sangat pesat) justru masih menerapkan metode pembelajaran yang klise, yakni anak sekolah masih diajarkan bagaimana membuat klipping koran, ternyata pendekatan ini ditujukan untuk memneri pemahaman kepada anak-anak sedini mungkin bagaimana menghargai profesi jurnalistik dan yang terpenting lagi adalah menumbuhkan kreativitas anak-anak semenjak dini. Selain itu disekolah-sekolah semua pekerjaan kebersihan, penyediaan makanan dilakukan sendiri oleh para murid dan gurunya. Untuk anak usia 14 tahun sudah diajarkan untuk bekerja magang di perusahaan. Cara ini sangat efektif untuk menanamkan di benak anak-anak didik bahwa bekerja  itu penting. Kondisi yang ada di Jepang tersebut, sangat berbeda dengan yang dilakukan di Indonesia. narasumber lain memberikan kiat-kiat bagaimana jiwa kewirausahaan dikembangkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara seimbang dan bijak.

Menurut Ketua panitia Seminar Internasional, Dr. Sri Juni Woro Astuti, M,Com., Tema membangun kewirausahaan ini sejalan dengan Visi dan Misi Universitas Wijaya Putra yakni “menjadi perguruan tinggi unggul berbasis kewirausahaan”, kewirausahaan dalam hal ini tidak diartikan secara fisik yakni mencetak para pengusaha tetapi juga nilai-nilai atau spirit kewirausahaan yang secara konseptual seharusnya dimiliki oleh setiap individu untuk menjadi individu yang kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dan lain sebagainya. Jiwa dan spirit kewirausahaan ini sangat penting ditanamkan untuk seluruh civitas akademika UWP yang kemudian dikontribusikan pada berbagai program kegiatan universitas tidak hanya secara internal tetapi juga kegiatan eksternal. Selama ini UWP sudah berhasil menjadi agent of economic development dengan menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta khususnya di wilayah Surabaya bagian barat dan Gresik.  Lebih lanjut, dijelaskan oleh Ketua Panitia, bahwa pada seminar ini juga dibuka 4 pararel session yang masing-masing membahas secara spesifik isu-isu terkait entrepreneurshio enhancement yang ditinjau dari bidang agribisnis dan teknologi, economi dan bisnis, administrasi public dan hukum, pendidikan dan psikologi.  JWP.

 


Berita Lainnya





Copyright © 2012 Universitas Wijaya Putra.
All rights reserved.
"Modern Campus With Entrepreneurship Spirit"