Pemilihan Duta Kebhinekaan dalam Dies Natalis FISIP Universitas Wijaya Putra

Diposting pada: 2017-03-27, oleh : admin, Kategori: Berita

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Wijaya Putra, dalam peringatan Dies Natalis yang ke-36 mencoba membangun kembali nilai-nilai kebhinekaan khususnya dengan menanamkan kesadaran konseptual di kalangan mahasiswa akan pentinnya menjaga sikap toleransi, persatuan dan kesatuan. Dies Natalis FISIP Universitas Wijaya Putra ke-36 ini diperingati bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Wijaya Putra yang berdiri sejak tanggal 27 Februari 1981. Dengan mengusung tema “Indahnya kebersamaan dalam keberagaman” UWP ingin mengukuhkan komitmennya dalam menjunjung tinggi sikap toleransi terhadap perbedaan dan sebagai kampus “multi culture”. Salah satu acara yang digelar adalah Pemilihan duta kebhinekaan 2017 di lingkungan Universitas Wijaya Putra. Acara ini diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan rasa cinta mahasiswa dan generasi muda pada umumnya terhadap kebhinekaan negara kita yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, dan juga Bahasa. Dengan diadakannya pemilihan duta kebhinekaan 2017 diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan mahasiswi untuk mengekspresikan gagasan dan ide-ide mereka tentang bagaimana membangun kembali nilai-nilai toleransi terhadap perbedaan sebagai respon terhadap fenomena intoleran yang marak terjadi yang akhir-akhir ini.

Ide kreatif BEM Fisip ini didadasri oleh keprihatinan atas fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, dimana nilai-nilai persatuan dan kerukunan yang diperjuangkan dan dijaga dengan baik oleh para pendiri dan proklamator bangsa ini mulai memudar.  Sikap saling menghargai dan toleransi diantara masyarakat mulai terkikis, mengalami degradasi. Hal ini menunjukkan bahwa semboyan bhineka tunggal ika sudah mulai kehilangan maknanya dalam pemahaman dan pengamalan hidup bermasyrakat. Berbagai konflik horizontal makin marak terjadi bahkan melalui media sosial. Akibatnya kehidupan bermasyarakat dan bernegara menjadi kurang kondusif yang pada gilirannya akan menimbulkan kerugian yang besar bagi pembangunan negara ini kedepan. Ketika bangsa dan negara lain focus pada perkembangan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, Indonesia justru masih disibukkan dengan konflik yang sama sekali tidak produktif. Menyikapi hal ini, Universitas sebagai salah satu motor pembangunan dan perubahan sudah selayaknya senantiasa berbuat dan berkreasi demi mengeliminir permasalahan-permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat.

Ida Dwi Lestari, Mahasiswa FISIP semester 4 selaku ketua panitia penyelenggara, menyatakan peranan duta kebhinekaan sangat penting bagi mahasiswa karena generasi muda adalah asset penerus bangsa di masa yang akan datang khususnya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Duta kebhinekaan yang terpilih nantinya, akan menjadi contoh bagi seluruh mahasiswa dalam menjaga kerukunan dan juga mengembangkan sikap toleransi antar sesama mahasiswa terutama dikarenakan mahasiswa UWP berasal dari berbagai daerah, suku, agama dan adat budaya yang berbeda sehingga sikap saling toleransi sangatlah diperlukan.

Puncak Dies Natalis FISIP ini juga diawali dengan sambutan sekaligus pemotongan tumpeng oleh Dekan FISIP, DR. Sri Juni Woro Astuti, M.Com. yang didampingi Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara Supriyanto, S.Sos.,M.Si. dan juga seluruh dosen  FISIP UWP. Acara yang bertempat di lapangan footsal Universitas Wijaya Putra Surabaya ini dibuka dengan tarian Remo. Duta Khebinekaan sendiri diikuti oleh duta dari masing-masing Fakultas yang ada di Universitas Wijaya Putra dan STKIP BIM. Adapun pemenang Pemilihan Duta Kebhinekaan 2017 diraih oleh duta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai juara ke - 1, dan disusul oleh duta dari STKIP BIM sebagai juara ke – 2. Diharapkan para pemenang mampu menjadi tauladan dan pelopor dalam menciptakan rasa kepedulian, rasa cinta tanah air, dan kebanggaan terhadap budaya dan kebhinekaan NKRI di lingkungan kampus.

Acara ini juga menjadi ajang mengaktualisasikan kemampuan yang dimiliki dalam berbagai bidang yang dilombakan. seperti, fashion, debat ilmiah dan tanya jawab mengenai permasalahan sosial  yang berkembang di Indonesia. Tidak hanya itu pada acara yang digelar pada hari Jum;at tanggal 25 Maret 2017 itu juga menggelar panggung musik dengan bintang tamu dan band-band Indie, seperti BurjSKAlifa, Flavors Band, Klinic musik. One Mission, Dear Something, Himmpis Musik, VVHM Band, Selain itu juga melibatkan siswa-siswi SMA se-Surabaya yang menjadi ajang untuk menyalurkan bakat kreatif yang mereka miliki.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini yaitu Pemerintah Kota Surabaya, Telkomsel, Msglowskincare_surabaya, Mizone, Citraland, Studio Klinik Musik, , Priver Music, Telkom, serta media partner Radar Surabaya dan B’ Photograpy …. JWP



Berita Lainnya





Copyright © 2012 Universitas Wijaya Putra.
All rights reserved.
"Modern Campus With Entrepreneurship Spirit"