Tiga Kampus Gali Potensi Mahasiswa untuk Penelitian dan Pengabdian

Diposting pada: 2017-10-30, oleh : admin, Kategori: Berita

Universitas Wijaya Putra (UWP), STKIP BIM, dan ASMI (Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia) merupakan kampus di wilayah Wiyung Surabaya Barat yang terus melakukan pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada penajaman ide dosen dan mahasiswa.

Ini dikarenakan mahasiswa memiliki posisi, potensi, dan peran istimewa dibandingkan lainnya. Selain itu mahasiswa juga memiliki kebebasan dalam bergerak karena belum terikat kepentingan yang dapat melunturkan idealisme mereka. Ketika mahasiswa yang turun ke masyarakat, mereka seharusnya dapat menjadi representasi dari individu yang memiliki pemikiran dan niat yang tulus. Dari identitas tersebut, secara tersirat dapat menjelaskan bahwa mahasiswa mempunyai tangung jawab secara intelektual, sosial, dan moral kepada masyarakat.

Agar hal tersebut dapat terlaksana maka para dosen dan mahasiswa bertemu dan berdiskusi untuk mempertajam ide-ide supaya bisa bersaing dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pertemuan ini bertajuk “ToT Pembimbingan dan Reviewer PKM 5 Bidang Tahun 2017” dengan narasumber Dr Bambang Sampurno yang juga sebagai Reviewer PKM Nasional dari Institut Teknologi Sepuluh November pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2017 bertempat di Kampus Wiyung.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Yayasan ketiga kampus tersebut yaitu Dr. Indra Prasetyo bahwa Dr. Bambang Sampurno diharapkan dapat membimbing dosen dan mahasiswa sekaligus memberikan motivasi kepada mereka untuk lebih berkembang serta meningkatkan potensi besar yang ada tersebut. Dengan tekad itu, maka keinginan untuk bisa melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bisa dijalankan.

Menurut Bambang Sampurna, banyak potensi yang dapat digali dalam pertemuan ini. Dari uraian yang dilakukan oleh mahasiswa, banyak ide unik dan menarik yang bisa diwujudkan sebagai proposal serta dapat diajukan perolehan dana hibag ke pemerintah. Setidaknya ada 2-3 usulan yang menarik diantaranya adalah pakan ternak yang sampai saat ini masih dibutuhkan masyarakat dan masih jarang.

Selanjutnya Bambang Sampurna yakin bahwa nantinya jumlah mahasiswa yang akan memiliki minat PKM akan bertambah terus. Mereka membutuhkan dorongan motivasi supaya bisa konsisten, sedangkan dosen diharapkan selalu mendorong dan memberikan arahan.


Berita Lainnya





Copyright © 2012 Universitas Wijaya Putra.
All rights reserved.
"Modern Campus With Entrepreneurship Spirit"