Perguruan Tinggi sebagai Agent of Economic Development dalam Wisuda Program Sarjana XXXVIII

Diposting pada: 2018-11-26, oleh : admin, Kategori: Berita

Satu tema yang masih tetap aktual yaitu Perguruan Tinggi sebagai Agent of Economic Development. Agent fo Economic Development merupakan ekspektasi masyarakat terhadap  perguruan tinggi yang di elaborasikan dalam arah kebijakan Pemerintah Republik Indonesia tentang pendidikan tinggi sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2015-2019.

 Ekspektasi masyarakat memerlukan tahapan yang cukup panjang, dimana pada awalnya Perguruan Tinggi diharapkan hanya sebagai agent of education, dan pada saat Perguruan Tinggi sudah mampu memerankan dirinya sebagai agent of education, masyarakat berharap lebih, yakni dituntut untuk dapat memerankan dirinya sebagai agent of research and development. Harapan ini terus berkembang, dan dalam dimensi kekinian ekspektasi masyarakat terhadap Perguruan Tinggi dituntut untuk bisa memerankan dirinya sebagai agent of knowledge and transfer of technology dan yang terakhirnya sebagai agent of economic development.

 Untuk dapat memenuhi ekspektasi masyarakat tersebut Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam rangka membangun daya saing lokal dan nasional khususnya di bidang ekonomi. Melihat realitas tersebut, perguruan tinggi atau kampus tidak dapat hanya hidup dalam dunianya sendiri dan terpisah dengan realita di masyarakat (hidup dalam menara gading), akan tetapi eksistensi perguruan tinggi harus benar-benar bermanfaat atau berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat.

 Dengan menggunakan  bahasa kikinian mungkin lebih mudah untuk  difahami yakni PT sebagai agent of education adalah PT Jaman Old, sebaliknya PT Jaman Now adalah PT berfungsi sebagai agent of economic development. Melihat target strategis serta ekspektasi masyarakat terhadap perguruan tinggi sebagaimana  ditetapkan pemerintah, timbul pertanyaan yang mendasar di mana UWP sebagai salah satu sub sistem dari pendidikan tinggi di Indonesia. Apakah UWP telah mewujudkan diri sebagai Agent of Economic Development  ? Atau apakah UWP termasuk model Perguruan Tinggi  jaman Old atau jaman NOW ?

 Untuk menjadikan UWP sebagai perguruan tinggi jaman now, hanya dapat diwujudkan melalui perencanaan dan pelaksanaan terintegrasi aspek tri dharma Perguruan tinggi. Antara pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat harus dilaksanakan secara konsiten, terintegrasi dan berkesinambungan. Pendidikan dan pengajaran serta pengabdian masyarakat idealnya merupakan hilirisasi hasil penelitian. Dosen sebagai tenaga pendidik harus mampu melakukan penelitian yang bermutu untuk selanjutnya di transformasikan melalui pendidikan dan pengajaran serta dihilirisasi melalui program pengabdian masyarakat

 Sampai sejauh ini di UWP, telah melakukan perencanaan serta upaya yang konstruktif untuk mewujudkan diri sebagai agent of economic development. Hal ini terbukti dengan dihasilkannya berbagai kegiatan penelitian Dosen,  yang telah dihilirisasi baik melalui komersialiasi maupun untuk menyelesaikan permasalahan pada kelompok masyarakat tertentu.

 Berdasarkan Evaluasi Kinerja Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi yang di rilis tahun 2017 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (DRPM), Kemenristek Dikti, UWP berhasil masuk dalam klaster Sangat Bagus (Excellent) dan menduduki peringkat 51 dari 4200 an Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Mahasiswa juga berlomba-lomba menorehkan prestasi diajang tingkat Nasional. Yang pertama atas nama Diah Yulianti, dari program studi Manajemen, yang berhasil menjadi Juara I bidang “Kewirausahaan dan Seni” dalam Temu Karya Relawan PMI Nasional Tahun 2018 tanggal 14-22 September.

Terdapat 2 (dua) kelompok mahasiswa mendapat kesempatan mengikuti Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia, di Institut Pertanian Bogor, hal ini semakin menegaskan bahwa proses pendidikan dan pembelajaran berbasis kewirausahaan di UWP telah menunjukkan hasilnya. Perserta expo KMI ini merupakan rangkaian panjang dari program PKM yang difasilitasi melalui hibah kompetisi Kemenristek Dikti untuk level mahasiswa dan tidak seluruh perguruan tinggi berkesempatan mengikutinya karena melalui proses seleksi yang cukup ketat. KMI merupakan event berkumpulnya start up business yang lahir dari mahasiswa. Semoga capaian ini dapat menstimuli berkembangnya StartUp-StartUp business mahasiswa UWP kedepan.

 Dari apa yang telah diwujudkan di UWP, kita tidak akan mengklaim atau menjustifikasi apakah UWP termasuk GENUS Perguruan Tinggi Jaman Old atau Jaman Now. Kami serahkan kepada masyarakat untuk menilai kinerja UWP dalam melaksanakan fungsinya sebagai agent of economic development melalui karya-karya dosen dan mahasiswanya. Diyakini bahwa bentuk kepercayaan tersebut secara alamiah akan terlihat dari minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di UWP. 



 

 

 

 

 

Wisudawan Terbaik, Berprestasi dan Favorit

Dari 397  wisudawan pada wisuda kali ini terpilih  3 orang wisudawan Terbaik, Berprestasi dan Favorit.

 Pertama, sosok ini putri seorang pendagang  dan kedua orang tuanya tidak pernah mendorong anak-anaknya untuk menjadi pegawai akan tetapi mendorong semua anaknya untuk memiliki usaha secara mandiri. Sejak kuliah telah di percaya untuk mengelola suatu usaha grosir. Kemauan belajarnya sungguh tinggi sebagaimana keinginannya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tingi. Wisudawan ini meraih Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi pada wisuda kali ini yakni 3,95 dan dinobat sebagai Wisudawan Terbaik. Wisudawan dengan NPM 14132004 ini berasal dari program studi manajemen yaitu Saudari Rochima Wati.

 Kedua sosok yang sangat aktif di berbagai kegiatan dan organiasi. wisudawati ini aktif di kepengurusan Badan Esekutif Mahasiswa Universitas (BEM – U), pernah menjabat sebagai Ketua Umum UKM Paduan Suara Mahasiswa. Pernah mewakili Fakultas sebagai presenter dalam kegiatan tingkat Propinsi seperti Forum Pertemuan Mahasiswa Administrasi Negara (TEMAN JATIM) dan berhasil meraih predikat peserta terbaik. Terpilih mewakili UWP dalam pemilihan mahasiswa berprestasi se Kopertis Wil. 7 atau Jawa Timur. Pada tahun 2018 menjadi salah satu peserta program Student Mobility dengan berbagai kegiatan baik perkuliahan, organisasi, seminar dan kegiatan sosial lainya di University Utara Malaysia (UUM).  Sosok ini dinobatkan sebagai Wisudwan Beprestasi, berasal dari Program Studi Administrasi Publik yakni Saudari Nuraini Kusuma Andriyani

 Yang ketiga adalah sosok pemuda berasal dari Gunung Kidul, selain aktif berorganisasi di berbagai Ormawa juga memiliki prestasi yang cukup membanggakan/mentereng bagi UWP diantaranya :

Tiga kali memperoleh Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa dari Kemenristek Dikti;

  1. Kontestan dan presenter  pada  ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 29 di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2016 dan berhasil meraih juara favorit kategori presentasi ilmiah ;
  2. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah kemaritiman tingkat nasional dengan tema “Teknologi Pengelolaan Garam” tahun 2018 yang diselenggarakan Universitas Hasanuddin.
  3. Sebagai Presenter pada Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Islam Madura pada tahun 2018; dan
  4. Pada tahun yang sama juga sebagai Presenter pada ajang Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat dan corporate social responsibility di Universitas Mataram.

Satu catatan yang cukup membanggakan, dimana  pada ajang ini dia adalah satu-satunya peserta yang berasal dari unsur mahasiswa yang tergabung dalam panel bersama beberapa Guru Besar dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri diseluruh Indonesia. Wisudawan ini berasal dari Program Studi Teknik Mesin, dan  terpilih sebagai mahasiswa Favorit yakni Saudara Hardo Waryudi.

 Sebagai apresiasi terhadap prestasi wisudawan berprestasi, mahasiswa terbaik dan favorit, berdasarkan keputusan rapat pimpinan Universitas Wijaya Putra, berhak mendapatkan bea siswa untuk studi lanjut di jenjang Strata 2 Universitas Wijaya Putra sebesar  100% (Seratus Prosen).

 

 

 


Berita Lainnya



Copyright © 2012 Universitas Wijaya Putra.
All rights reserved.
"Modern Campus With Entrepreneurship Spirit"